Farih.co.id
Home Smartphone Cara Menghitung dan Meningkatkan Jejak Karbon Diet Anda

Cara Menghitung dan Meningkatkan Jejak Karbon Diet Anda

how to calculate your diet carbon footprint for better wellbeing

Penelitian menunjukkan bahwa pilihan pola makan masyarakat dapat berdampak pada krisis iklim. Kedengarannya menakutkan, yang diperlukan hanyalah sedikit mendidik diri sendiri dan beberapa penyesuaian pada pilihan makanan Anda yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.


Dari kalkulator jejak plastik hingga alat untuk menilai pola makan Anda, berikut adalah beberapa sumber daya digital praktis yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi jejak karbon demi kesejahteraan yang lebih baik.


Jejak karbon Anda mengacu pada jumlah emisi gas rumah kaca yang Anda hasilkan melalui tindakan pribadi Anda. Ini dapat mencakup konsumsi energi rumah Anda, jenis kendaraan yang Anda gunakan atau kendarai, dan pilihan makanan Anda.

Dalam hal diet Anda, beberapa faktor dapat memengaruhi jejak karbon Anda, termasuk:

  • “Makanan mil” pada dasarnya adalah seberapa jauh makanan Anda telah melakukan perjalanan dari pertanian (atau produsen) ke piring Anda. Memproduksi dan mengangkut makanan dapat menyebabkan emisi gas rumah kaca dalam jumlah yang signifikan.
  • Konsumsi daging sapi dan susu. Sayangnya bagi pecinta steak dan keju, produksi daging sapi dan susu dari peternakan yang lebih besar menghasilkan gas rumah kaca dalam jumlah tertinggi karena jumlah lahan dan air yang dibutuhkan untuk memelihara ternak.
  • Bagaimana makanan Anda ditanam dapat berdampak signifikan terhadap lingkungan. Misalnya, untuk memenuhi permintaan alpukat favorit nabati yang populer, penggunaan air yang ekstrim diperlukan untuk produksi. Berdasarkan Petani Alpukat California46 galon air dibutuhkan setiap hari untuk mengairi satu pohon dewasa!

Foto tempat sampah makanan untuk membantu meningkatkan jejak karbon

Mengurangi jejak karbon Anda dapat membantu melawan perubahan iklim dan mendukung kesehatan Anda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang jejak karbon diet Anda dan cara melakukan perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan Anda serta kesehatan planet ini, lihat aplikasi dan sumber daya berikut.

1. Aplikasi EmptyMyFridge

Limbah makanan adalah masalah global yang mungkin tanpa disadari Anda ikut berkontribusi. Membuang makanan tidak hanya membuang-buang uang, tetapi juga menambah jejak karbon Anda. Menurut Kepercayaan Penghematan Energisekitar 8–10% emisi gas rumah kaca dunia terkait dengan limbah makanan.

Sementara limbah makanan adalah masalah dunia, hal itu dapat ditangani pada tingkat individu dengan sedikit bantuan digital. Aplikasi EmptyMyFridge dapat membantu Anda merencanakan makanan sehat sekaligus mengurangi limbah makanan dengan mendorong Anda menggunakan makanan mudah rusak yang sudah Anda miliki di rumah. Cukup tambahkan bahan dan makanan yang sudah Anda miliki di lemari es (atau pantry) dan AI aplikasi akan menghasilkan daftar resep yang direkomendasikan.

Baca panduan kami tentang cara menggunakan EmptyMyFridge untuk mengurangi limbah makanan Anda untuk mempelajari cara memulai dan memanfaatkan aplikasi untuk meningkatkan jejak karbon diet Anda.

Unduh: EmptyMyFridge untuk Android | iOS (Bebas)

2. Aplikasi Klima

Jika Anda menginginkan aplikasi yang akan membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih baik untuk mengimbangi jejak karbon Anda, cobalah Klima. Anda bahkan tidak perlu mendaftar untuk membuat perkiraan jejak karbon—cukup buka aplikasi dan ikuti petunjuk di layar untuk memasukkan detail tentang kebiasaan harian Anda.

Selain menghitung jejak karbon diet Anda—tanpa pamrih—masih ada gunanya membuat akun di aplikasi Klima jika Anda ingin membuat beberapa perubahan (atau bahkan mengimbangi) jejak karbon diet Anda.

Setelah Anda menghitung jejak karbon Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengimbangi dampak Anda dengan bergabung dalam proyek solusi iklim. Ini dapat berkisar dari pendanaan penanaman pohon hingga penyediaan alternatif bahan bakar fosil, seperti tenaga air. Anda dapat mengimbangi jejak karbon Anda dengan memilih biaya berlangganan bulanan yang sesuai dengan dompet Anda yang kemudian akan diinvestasikan dalam proyek iklim bersertifikat.

Dengan mengimbangi jejak karbon Anda melalui proyek-proyek ini, Anda tidak perlu melakukan perubahan drastis pada pola makan Anda. Klima juga menyarankan perubahan transportasi dan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jejak karbon Anda dengan lebih baik.

Unduh: Klima untuk Android | iOS (Gratis, berlangganan tersedia)

3. Saluran YouTube Shelbizleee

Seringkali, rute terbaik untuk membuat keputusan dan perubahan positif adalah mulai dengan pendidikan. Sebelum Anda dapat membuat pilihan pola makan yang tepat untuk meningkatkan atau mengimbangi jejak karbon Anda, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari tentang masalah lingkungan, keberlanjutan, dan bagaimana pilihan pola makan Anda berdampak pada perubahan iklim.

Masukkan Saluran YouTube Shelbizleee—sebuah ruang pendidikan yang dijalankan oleh lulusan ilmu lingkungan, Shelby Orme. Videonya dirancang untuk membantu pemirsa mempelajari cara hidup ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran mereka secara keseluruhan terhadap faktor lingkungan, termasuk pilihan pola makan.

Di saluran Shelbizleee, Anda akan menemukan konten tanpa limbah yang menginspirasi, termasuk video belanja bahan makanan, tips makan di luar, dan cara membuat kompos di rumah. Ini adalah tempat yang baik untuk mencari ide hijau terkait dengan pola makan dan faktor gaya hidup lain yang berkontribusi pada jejak karbon Anda.

Cuplikan layar Kalkulator Jejak Plastik

Cara terbaik untuk mengelola jejak karbon diet Anda adalah dengan menggunakan alat keberlanjutan yang membantu Anda mengurangi penggunaan plastik. Polusi plastik sekali lagi merupakan masalah lingkungan global, tetapi dengan memperhatikan di mana Anda menggunakan apa pun dengan plastik — termasuk kemasan makanan — Anda dapat sangat mengurangi jejak karbon Anda.

Untuk ini, Anda dapat mencoba Kalkulator Jejak Plastik—Aplikasi berbasis web dan alat online gratis yang dapat Anda gunakan untuk menilai berapa banyak sampah plastik yang Anda hasilkan melalui kebutuhan makanan dan dapur Anda.

Di samping kalkulator, Anda akan menemukan perincian saran praktis tentang sampah plastik, termasuk cara mengurangi jejak plastik Anda dan aturan 4 R (menolak, mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang). Baca baik-baik sebelum belanja bahan makanan Anda berikutnya dan lihat di mana Anda dapat menolak atau mengurangi sampah plastik makanan Anda.

Cuplikan layar tips cepat EWG untuk mengurangi jejak iklim diet Anda

Environmental Working Group (EWG) adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membantu melindungi kesehatan lingkungan dan individu.

Anda dapat mempelajari cara mengurangi jejak iklim diet Anda dengan melihat Kiat cepat EWG halaman. Di sini Anda akan menemukan lembar tip PDF yang dapat diunduh gratis yang mencakup ikhtisar jejak karbon dari berbagai sumber protein, bagaimana pola makan Anda memengaruhi iklim, dan cara mengecilkan jejak iklim Anda.

Anda juga akan menemukan informasi dan nasihat tentang isu-isu terkait di situs web EWG, termasuk dampak pertanian terhadap perubahan iklim. Jika Anda ingin lebih meningkatkan kesehatan Anda dan melindungi planet ini, lihat informasi EWG tentang sumber dan peraturan makanan dan air, alternatif daging dan susu, dan informasi umum tentang pertanian dan pertanian.

Dengan menghitung dan mengurangi jejak karbon diet Anda, Anda dapat membuat perubahan positif yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan planet ini. Mengurangi pemborosan makanan dapat membantu menghemat uang dan meningkatkan kesejahteraan finansial sambil mengupayakan pola makan yang mengandung lebih sedikit daging atau produk susu. Plus, memasukkan lebih banyak produk musiman dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Luangkan waktu untuk belajar sebanyak mungkin dari sumber daya di atas untuk membuat keputusan tentang bagaimana Anda dapat mengurangi atau bahkan mengimbangi jejak karbon diet Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beli jitu https://167.71.217.241/ https://188.166.210.27/ https://103.253.147.8/ https://139.59.194.132/ https://152.42.192.54/ https://152.42.187.123/ https://188.166.196.248/ https://163.47.9.78/ https://157.230.245.144/ http://68.183.96.87/ http://147.182.210.122/ http://147.182.128.234/ http://167.172.1.184/ http://157.245.5.74/ http://139.59.217.59/ http://163.47.9.16/ http://144.126.251.215/ http://139.59.217.128/ http://103.186.0.254/ http://161.35.251.176/ http://157.245.29.71/ https://170.64.254.102/ https://www.markas303.ac.id/ https://www.markas303.or.id/ https://www.markas303.sch.id/ http://103.172.205.75/ http://103.245.38.119/ http://138.197.224.231/ http://138.197.224.231/

Ad

BIJI18 BIJI18 https://goremekoop.com/ AGEN77 3DBET OBOR138 GACOR168JP YING77 RUMAH258 POHONHOKI99 ASALBET88 PARIS128 66KBET LONG111 DESA333 DEWAGACOR89 YING77
https://146.190.200.68/ https://188.166.204.36/